Apa saja sih yang dipelajari di Teknik Elektro?

Teknik Elektro? Apa saja sih yang dipelajari?



Hasil gambar untuk Teknik elektro

     Rasanya sudah sangat lama saya tidak membuat tulisan di blog ini, tepatnya dua tahun lebih dikarenakan kemalasan saya pribadi dalam membuatnya. Namun pada kesempatan ini, saya kembali dengan membawa semangat baru untuk membuat tulisan dengan pembahasan yang baru pula yaitu seputar Elektro. Alasan saya membahas hal tersebut dikarenakan sesuai dengan jurusan yang saya ambil yaitu Teknik Elektro.
     Jika kalian lihat di postingan sebelum ini, kalian semua akan melihat postingan yang memang tidak ada kaitannya dengan Teknik Elektro, tetapi jika kalian tertarik silakan untuk membacanya.
      Berbicara tentang Teknik Elektro, sebagian besar orang beranggapan bahwa Teknik Elektro merupakan disiplin ilmu yang mempelajari segala hal tentang kelistrikan. Tentu hal itu tidak salah, karena ketika masuk ke jurusan ini, kita akan dihadapkan dengan listrik.
     Lalu apakah sepenuhnya benar? Tentu tidak. Teknik Elektro lebih dari sekadar listrik, banyak hal lain yang dipelajari di jurusan ini. Seperti pemrograman, sistem digital, sitem komunikasi, microprocessor, dsb. Secara sederhana Teknik Elektro merupakan disiplin ilmu yang mempelajari kelistrikan dan pengaplikasian dari listrik itu sendiri. Artinya di jurusan ini tidak hanya mempelajari tentang listrik saja, tetapi mempelajari pengaplikasiannya juga.
     Di Teknik Elektro sendiri terdapat beberapa konsentrasi yang nantinya dapat diambil untuk menjadi fokus keahlian bagi Mahasiswa nya. Konsentrasi ini di tiap kampus akan berbeda-beda bergantung pada sumber daya dan kemampuan kampus untuk membuka konsentrasi tersebut. Mungkin bagi kalian yang belum familiar dengan istilah konsentrasi di sini, secara sederhana konsentrasi adalah fokus kita nantinya setelah lulus itu akan menjadi apa, apakah ingin menjadi teknisi listrik, PLC Engineer, atau yang lainnya.
     Konsentrasi ini dapat diambil sesuai kebijakan/kurikulum dari jurusan di masing-masing Perguruan Tinggi. Seperti di kampus saya yang hanya bisa diambil bagi mahasiswa yang akan memasuki semester 7. Namun ada juga di kampus lain yang sudah bisa diambil bagi mahasiswa yang akan memasuki semester 5. Tentu hal ini kembali kepada kampusnya masing-masing.
     Lalu apa saja konsentrasinya? Berikut beberapa Konsentrasi yang ada di Teknik Elektro yang saya ketahui :
1. Sistem Tenaga/Teknik Tenaga Listrik

Hasil gambar untuk sistem tenaga 
Konsentrasi Sistem Tenaga/Teknik Tenaga Listrik ini kadang disebut juga sebagai listrik arus kuat. Ini adalah bidang teknik elektro tertua yang mempelajari cara pembangkitan dan transmisi daya listrik dari satu tempat ke tempat lain, termasuk belajar tentang gardu listrik, teknik tegangan tinggi, teknik proteksi, dll. Bagi yang berminat bekerja di perusahaan semacam PLN  konsentrasi ini sangat ideal untuk kalian pilih.

2. Teknik Telekomunikasi

Hasil gambar untuk teknik telekomunikasi
Konsentrasi Teknik Telekomunikasi adalah  konsentrasi tentang penerapan listrik untuk komunikasi jarak jauh. Disini akan dibahas tentang cara merancang media telekomunikasi, teknik antena, perambatan gelombang, transmisi dan jaringan telekomunikasi.

3. Elektronika

Hasil gambar untuk elektronika 
Konsentrasi Elektronika difokuskan untuk mempelajari rangkaian dan komponen elektronika, rangkaian integrasi, perencanaan peralatan elektronika, teknik pembuatan komponen, serta penggunaan elektronik dalam industri dan biomedika.

4. Sistem Kendali/Teknik Pengontrolan

Hasil gambar untuk scada 
Konsentrasi Sistem Kendali/Teknik Pengontrolan difokuskan untuk mempelajari  model matematika, dinamika sistem, komponen dan peralatan pengatur, pengaturan dengan komputer, perencanaan dan analisis model sistem, teknik pengaturan optimal, teknik pengaturan digital, dan teknik robot.

5. Manajemen Energi

Hasil gambar untuk manajemen energi 
Konsentrasi Manajemen Energi mempelajari bagaimana merencanakan kemudian melaksanakan pemanfaatan dari sumber daya energi dan energi secara efektif dan efisien. Di konsentrasi ini akan dipelajari tentang Pembangkit Listrik, Energi Baru Terbarukan, Energi Tidak Terbarukan, dan hal-hal lain yang berhubungan tentang pemanfaatan Energi. Mungkin konsentrasi ini hanya terdapat di beberapa kampus saja, dan salah satunya di kampus tempat belajar saya. 

6. Material Elektrik

Hasil gambar untuk super kapasitor 
Menurut saya, konsentrasi Material Elektrik ini mungkin hanya dibuka di kampus tempat belajar saya saja. Konsentrasi ini mempelajari pemanfaatan dari material elektrik yang nantinya dibuat menjadi sebuah produk seperti baterai. Tentu baterainya juga bukan baterai biasa melainkan baterai yang dibuat dari bahan-bahan lain, contohnya Baterai Aluminium Udara. Di konsentrasi ini juga nanti akan dipelajari tentang Teknologi Super kapasitor yang digadang-gadang akan menjadi pengganti baterai di masa depan.

     Kesimpulannya, jurusan Teknik Elektro adalah disiplin ilmu yang sangat luas dan juga berperan penting dalam perkembangan teknologi. Di teknik elektro terdapat konsentrasi untuk menentukan fokus keahlian mahasiswanya setelah lulus nanti, sehingga nanti lulusannya sama-sama bergelar Sarjana Teknik Elektro tetapi memiliki fokus keahlian yang berbeda-beda.
     Mungkin itu saya postingan kali ini, sampai jumpa di postingan selanjutnya. Terimakasih.

No comments

Powered by Blogger.